Cara memperbaiki mesin jam tangan casio yang berkarat karena kemasukan air

Salah satu keuntungan dari jam tangan Casio adalah tahan terhadap air. Jam ini tidak akan rusak meski Anda menggunakannya untuk berenang. Tapi kebiasaan yang sering terjadi adalah membiarkan jam ini tetap basah setelahnya tanpa dilap atua dikeringkan. Meski mesin jam tidak rusak, tapi kebiasaan tersebut membuat jam tangan Casio mudah berkarat. Maka jika sudah muncul karat harus segera dibersihkan atau mesin jam lama-lama bisa rusak. Cara memperbaiki mesin jam tangan casio yang berkarat karena kemasukan air cukup mudah dan bisa Anda lakukan sendiri dengan bahan seadanya.

Cara yang pertama Anda dapat menggunakan air cuka. Siapkan segelas air yang sudah dicampur dengan cuka. Pastikan penggunaan airnya hanya sedikit saja karena Anda membutuhkan banyak cuka untuk membersihkan karat. Kemudian rendam jam tangan casio ke dalam air cuka selama satu malam. Sifat asam cuka akan membantu karat untuk hilang dan mudah dibersihkan. Jika sudah direndam selama satu malam kemudian ambil dan gosok dengan spons cuci piring. Agar lebih mudah, basahi dulu spon tersebut menggunakan cuka. Untuk hasil yang lebih baik maka gunakan cuka apel yang lebih bersifat asam. Anda juga dapat mengganti cuka tersebut menggunakan jeruk nipis.

Jika Anda ingin menggunakan jeruk nipis maka setidaknya Anda membutuhkan dua hingga tiga butir jeruk nipis lalu peras ke dalam wadah yang sudah diisi sedikit air. Caranya masih sama seperti cuka yaitu direndam selama satu malam lalu digosok sampai karat hilang. Anda bisa menggunakan bahan-bahan lain yang bersifat asam. Tapi ingatlah untuk membilasnya dan langsung dikeringkan sampai benar-benar kering agar tidak menimbulkan karat lagi. Cara ini mungkin tidak akan bisa diterapkan untuk jam tangan merk lain yang tidak water resistance. Tidak semua jam tangan bisa tahan air, jadi bisa rusak ketika direndam air cuka atau jeruk nipis. Namun kalau Anda memiliki jam tangan Casio maka Anda bisa memperbaikinya dengan cara ini. Meski begitu jangan lakukan perendaman asam terlalu sering agar tidak rusak, lakukan ketika ada karat saja.